Hoax Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo Setuju Makar kepada Presiden Jokowi

Kali ini Anti Berita Hoax akan membahas Hoax Hoax Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo Setuju Makar kepada Presiden Jokowi.



Hoax Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo Setuju Makar kepada Jokowi
Hoax Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo Setuju Makar kepada Jokowi


_________________________________________________________

[ISU]


Terdapat statement yang mengatakan bahwa Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo Setuju Makar kepada Presiden Jokowi. Hal itu ditampilkan pada artikel di Tirto.id yang berjudul:

Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar

Cuplikannya sebagai berikut:

.......Pada bulan Desember, Kivlan ditangkap polisi atas tuduhan menggulingkan Jokowi. Namun ketika kami berbincang pada akhir Februari, dia tetap saja bebas dan bahkan melancong ke luar negeri. Dia malah menyatakan sedang melaksanakan suatu misi untuk Jenderal Gatot Nurmantyo, Panglima TNI saat ini, yakni berupaya membebaskan para sandera Indonesia di Filipina.


Soal pertanyaan siapa yang diam-diam membekingi gerakan tersebut dan siapa yang betulan “komunis”, Kivlan berbicara secara on the record dan off the record, secara persis dan umum. Karakterisasinya atas sikap kawan-kawannya sesama jenderal sangat berkaitan erat dengan sikap aparat lainnya yang banyak diceritakan orang. Namun, tidak seperti kebanyakan dari mereka, Kivlan mengatakannya secara on the record.


“Begitu banyak pensiunan militer—dan yang masih aktif dalam militer—yang bersama FPI.... Karena FPI pun bertujuan melawan komunis.”


Setelah apa yang dia bicarakan tentang penggulingan Jokowi dan mengambil tindakan seperti pada tahun '65, saya bertanya: apakah Jenderal Gatot—Panglima angkatan bersenjata saat ini—setuju?


"Dia setuju!"


Tapi dia pun menambahkan, sebagai perwira yang masih aktif, Gatot harus “sangat berhati-hati” mengambil sikap di depan publik.


Pernyataan on-the-record Jenderal Kivlan tentang peran Gatot konsisten dengan jenderal-jenderal lainnya dan para penggerak kudeta, serta dengan pernyataan yang diduga bersumber dari Presiden Jokowi sendiri. Saya pun bertanya kepada seorang pejabat yang memiliki akses rutin ke presiden tentang klaim yang dilontarkan Jokowi, “apakah Gatot merupakan faktor utama dalam kudeta tersebut?” Pejabat itu menjawab, ya, presiden mengatakan itu, dalam pertemuan tertutup. Gatot tidak merespons permintaan tanggapan untuk artikel ini.....


SUMBER: https://tirto.id/investigasi-allan-nairn-ahok-hanyalah-dalih-untuk-makar-cm2X


_________________________________________________________


[KLARIFIKASI]

TNI melalui akun resmi Pusat Penerangan TNI menerangkan bahwa hal itu adalah HOAX


Isi klarifikasinya sebagai berikut:

Isu Berita TIRTO.id tentang Investigasi Allan Nairn : Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar Adalah HOAX


(Puspen TNI). Beredarnya berita yang dimuat di Media Online TIRTO.id tanggal 19 April 2017 yang berjudul “Investigasi Allan Nairn : Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar”, adalah Tidak Benar atau HOAX. Demikian ditegaskan oleh Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos, di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Jumat (21/4/2017).


Autentikasi :

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.

_________________________________________________________

[KESIMPULAN]

HOAX



Demikian pembahasan tentang Hoax Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo Setuju Makar kepada Presiden Jokowi. Semoga dapat mengedukasi pembaca sekalian atas hal ini.


Share ke temen kamu yang masih kemakan hal ini!


Salam,




Anti Berita Hoax

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hoax Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo Setuju Makar kepada Presiden Jokowi"

Post a Comment