Berita Partikel Alumunium Panci Bisa Terserap Makanan Ditepis oleh LIPI

Anda sering memasak menggunakan panci alumunium? Benarkah partikelnya bisa terserap makanan dan menimbulkan bahaya? Mari kita bahas:

(HOAX) PARTIKEL PANCI ALUMUNIUM,BISA TERSERAP PADA MAKANAN
SUMBER : PESAN BERANTAI WHATSAPP
NARASI : 
Suka sedih saja kalau lihat teman-teman memasak pakai piranti yang tidak sehat. Murah bukan satu-satunya alasan kita membeli alat-alat ini. Mari simak dan pelajari agar kita lebih paham memilih-milih bagi keluarga kita.” Begitu kalimat pembuka pesan hoax tersebut.

PENJELASAN : Melansir dari jawapos.com, Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, akun yang memposting memang sudah sering membuat postingan terkait bahaya penggunaan alat-alat memasak. Namun tak jarang juga ia beberapa kali melakukan promosi produk suplemen kesehatan brand Amerika Serikat.

Jika menelaah pesan singkat tersebut, si pembuat hoax ingin menggiring opini publik terkait bahaya menggunakan panci berbahan alumunium. Didalam tersebut, pembuat hoax juga ingin menyampaikan jika partikel yang ada didalam panci alumunium bisa dengan mudah larut dan terserap ke dalam makanan saat proses memasak dilakukan. Dan nantinya, orang-orang yang mengkonsumsi makanan dari panci tersebut akan dengan mudah terkena dampak buruk bagi kesehatan mereka.
Namun bagi anda dirumah yang memang sudah biasa menggunakan alat-alat masak berbahan alumunium tidak perlu takut. Menurut Ketua Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Haryono, pesan tersebut sangat jauh dari kata benar melainkan HOAX.
Dibenarkan memang jika mengkonsumsi alumunium secara berlebihan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Menurut WHO, manusia dewasa bisa menerima paparan oral maksimal 50 miligram per hari. Sedangkan partikel alumunium yang terkikis dan kemudian dikonsumsi manusia hanya sebanyak satu hingga dua miligram untuk satu kali masak. FAKTANYA paparan oral tersebut masih dalam rentang yang aman jika dikonsumsi oleh tubuh manusia. Dan untuk reaksi kimianya sendiri, jika alumunium bertemu dengan asam serta garam, hal itu justru menyebabkan terbentuknya lapisan alumunium yang bisa membantu mengurangi kikisan alumunium terhadap makanan.

_________________________________________________________

[KESIMPULAN]

HOAX


Demikian pembahasan tentang Berita Partikel Alumunium Panci Bisa Terserap Makanan Ditepis oleh LIPI. Semoga dapat mengedukasi pembaca sekalian atas hal ini.

Share ke temen kamu yang masih kemakan hal ini!



Salam,



Anti Berita Hoax


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita Partikel Alumunium Panci Bisa Terserap Makanan Ditepis oleh LIPI"

Post a Comment