Video Hoax Jembatan Suramadu Diterjang Ombak Besar

[HOAX] "Ngeri, Jembatan Suramadu Saat Diterjang Ombak Besar"
SUMBER
(1) https://goo.gl/we2U6k, sudah dibagikan 41.683 kali ketika tangkapan layar dibuat. 
(1) https://goo.gl/b77Xir, salah satu dari beberapa sumber di Youtube yang menggunakan bahan video tersebut.
(2) https://goo.gl/KMGxFd < tap atau klik untuk melihat akun-akun lain yang menyebarkan (public posts).
NARASI
(1) "Ngeri, Jembatan Suramadu Saat Diterjang Ombak Besar".
(2) "Jembatan suramadu dihajar gelombang ....."
(3) Beberapa variasi narasi lainnya.

Anti Berita Hoax


PENJELASAN
Video tersebut pernah digunakan untuk bahan hoax di India, digunakan lagi untuk hoax di Indonesia. Belum diketahui lokasi jembatan yang sebenarnya, tetapi di India terkonfirmasi berdasarkan identifikasi ciri-ciri jembatan Bandra-Worli Sea Link, lokasi kejadian bukan seperti yang disebutkan di video tersebut (disebutkan terjadi di Mumbai). Video versi India menyertakan juga video hujan es di di Istanbul (Turki), dinarasikan terjadi di jalan tol Mumbai - Pune, sementara di Indonesia dinarasikan terjadi di jalan tol Cipularang (dibahas sebelumnya di https://goo.gl/sT18jb). Video versi "Jembatan Suramadu" tidak menyertakan video hujan es tersebut.
REFERENSI
(1) "Video-video Palsu Gelombang Tinggi Mumbai Sea-Link dan Jalan Tol Mumbai-Pune Dari Topan Okchi Menjadi Viral di Whatsapp Membuat Panik
Diperbarui: 5 Desember 2017 2:16 IST
Oleh Nikita Roy
Topan Ockhi telah menciptakan banyak malapetaka dan kerusakan di negara bagian India bagian selatan dan sekarang mengarah ke Maharashtra dan Gujarat. Efeknya sudah dimulai dengan penurunan suhu dan curah hujan yang tidak alami. Tapi untuk mengekang efeknya, banyak tindakan pencegahan sedang dalam proses. Beberapa mantra hujan atau hujan guntur kemungkinan terjadi di kota dan pinggiran kota dalam 48 jam ke depan, kata IMD. Setelah waspada oleh departemen cuaca, pemerintah negara bagian segera mengumumkan hari libur untuk sekolah dan perguruan tinggi di distrik Mumbai, Sindhudurg, Thane, Raigad dan Palghar.
Cyclone Ockhi: Mumbai Rains Surprise Residents, Twitterati Reacts
Di tengah semua kekacauan perubahan iklim, situs dan aplikasi media sosial penuh dengan video badai hujan di Mumbai Pune dan video link laut lain juga melakukan putaran di internet. Rekaman yang mengerikan ini menampilkan arus pasang surut laut Bandra Worli Mumbai. Ada laporan hujan es tapi kedua video tersebut dianggap FAKE. Hal ini bahkan melakukan putaran sebagai Goa's Kolva pantai.
Inilah video palsu tentang badai es di Mumbai-Pune Expressway:
Hujan turun di Mumbai Pune highway pic.twitter.com/rd19CBpTmU
- Agresif India🔥 (@bharat_builder) 5 Desember 2017 
Berikut adalah video palsu dari Sea Sea Link Pasang surut:
Banyak orang membalas tweet bagaimana video ini sudah tua dan palsu dengan alasan yang tepat pula. Untuk yang belum tahu, kendaraan roda dua tidak diperbolehkan di jembatan penghubung laut Mumbai dan video tersebut menampilkan orang di skuter. Ditambah kabel putih tinggi kaitan laut mudah dikenali. Sangat menyedihkan melihat orang tidak memverifikasi media apa pun dan mulai berbagi video dan kepanikan yang sama di antara warga negara. Apa pandangan Anda tentang sirkulasi video palsu ini selama masa-masa sulit? Beri tahu kami di komentar di bawah ini.
Diterbitkan Tanggal: 5 Desember 2017 13:13 IST | Tanggal Penuh: 5 Desember 2017 2:16 IST" (Google Translate, https://goo.gl/jmJgBq).
.
(2) "Fake Mumbai Sea-Link High Tide and Mumbai-Pune Expressway Hailstorm Videos of Ockhi Cyclone are Going Viral on WhatsApp Creating Panic
Updated: December 5, 2017 2:16 PM IST
By Nikita Roy
Cyclone Ockhi has created a lot of havoc and damage in southern states of India and now it is heading up to Maharashtra and Gujarat. Its effects have already started with a dip in temperature and unseasonal rainfall. But to curb the effects, many precautionary measures are in process. A few spells of rain or thundershowers are likely to occur in the city and suburbs in next 48 hours, the IMD said. After the alert by the weather department, the state government soon announced a holiday for schools and colleges in Mumbai, Sindhudurg, Thane, Raigad and Palghar districts.
Cyclone Ockhi: Mumbai Rains Surprise Residents, Twitterati Reacts
Amidst all the climate change chaos, social media sites and apps are abuzz with videos of hailstorms in Mumbai Pune expressway and another video of sea link is also doing rounds on the internet. The terrifying footage showcases tides covering Mumbai’s Bandra Worli sea link. There are reports of hailstorms but both the videos are deemed FAKE. It is even doing the rounds as Goa’s Kolva beach.
Here is the fake video of the hailstorm at Mumbai-Pune Expressway:
Hailstorm in Mumbai Pune highway pic.twitter.com/rd19CBpTmU
— Aggressive Indian🔥 (@bharat_builder) December 5, 2017
Here is the fake video of Mumbai Sea Link High tide:
Many people replied to the tweet how these videos are old and fake with proper reasons as well. For the uninitiated, two-wheelers are not allowed on Mumbai sea link bridge and the video showcases person on a scooter. Plus the sea link’s tall white cables are easily identifiable. It is sad to see that people do not verify any media and start sharing videos and the same spread panic among citizens. What are your views on these circulations of fake videos during distressed times? Let us know in the comments below.
Published Date: December 5, 2017 1:13 PM IST | Updated Date: December 5, 2017 2:16 PM IST" (Bahasa asli, https://goo.gl/ciZXc3).
.
(3) https://goo.gl/1TFJ65, "Bandra–Worli Sea Link".

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Video Hoax Jembatan Suramadu Diterjang Ombak Besar"

Post a Comment