Hoax Pakai Ponsel Saat Mengisi Pulsa Meteran Listrik Bisa Menyebabkan Ledakan (Gore Graphic)

[HOAX] "Jangan gunakan ponsel sambil mengisi pulsa meteran, sangat berbahaya!"

SUMBER
(1) Pesan berantai Whatsapp.
(2) https://goo.gl/uTaH9J, sudah dibagikan 15.486 kali ketika tangkapan layar dibuat.
(3) https://goo.gl/szUskt < tap atau klik untuk melihat akun-akun lainnya yang membagikan (public posts).

NARASI
(1) "Assalamualaikum wr wb.. sahabatku...
Beringatan untuk semua orang! Jangan gunakan ponssel sambil mengisi pulsa meteran, sagat berbaahaya.! Teruskan postingn ini kepada semua orang tolong...
Toĺong bagikan agar banyak yang tau.
Ma'af yang mau ikuti halaman kami mohon tekan jempol yang diatas ya.".
(2) Beberapa variasi narasi lainnya.



PENJELASAN
Hoax yang sebelumnya sudah beredar di India, Vietnam, lalu sampai Indonesia: "Pham Van Duc - Ketua Hung Dao komune (kabupaten Tu Ky) dikonfirmasi ke Reporter: "Dalam komune, kita tidak memiliki hal ini terjadi dan ini adalah rumor sejumlah orang di jaringan sosial" . Menurut pemahaman PV Berita Keluarga & Masyarakat, 3 pedesaan Hung Dao komune meliputi: ibu, dan Lac Xuan Realm Pendidikan dengan 3.800 rumah tangga dan lebih lebih dari 12 ribu orang. Selama bertahun-tahun, di komune tidak terjadi hal-hal seperti situs jejaring sosial diposting. Gambar yang diposting di sebuah situs web di India untuk tanggal 28/05/2017 Menurut sumber lain yang wartawan mempelajari gambar mengerikan pada halaman diposting di profil dari India. Isi informasi ini juga memperingatkan orang-orang tentang seorang pemuda menggunakan ponsel saat pengisian hasil di dibakar hitam, kematian." (Google Translate).

REFERENSI
(1) "Hari 2 Agustus 2017 | 03:03
informasi yang benar Hai Duong charger orang telepon hangus listrik, kematian
GiadinhNet - "Di komune kita ada ini terjadi dan ini adalah gosip dari beberapa orang di jaringan sosial," kata Mr Jerman.
Baru-baru ini, di situs jejaring sosial Facebook untuk menyebarkan beberapa gambar dari kecelakaan mengerikan sementara pada ponsel sedang diisi orang terhadap risiko sengatan listrik dan membakar, kematian. Menurut berbagi foto adalah apa yang terjadi di Hung Dao komune, kabupaten Tu Ky (Hai Duong).
Konfirmasikan dengan PV Keluarga & Laporan Sosial siang ini (8/2), Nguyen Xuan Pengganti - Kepala Hung polisi komune Dao mengatakan: "Dalam beberapa hari terakhir dan terutama hari ini, di komune kami tidak punya insiden terjadi begitu. Ini adalah rumor mempengaruhi kehidupan masyarakat setempat. "
Menurut Mr Pengganti, di pagi ini Polres Tu Ky memiliki pemahaman informasi dan kekuatan balkon jaminan sosial. Namun, ketika polisi komune ke desa-desa untuk mencari tahu ada pekerjaan di kepala desa dan mendapatkan konfirmasi.
Pham Van Duc - Ketua Hung Dao komune (kabupaten Tu Ky) dikonfirmasi ke Reporter: "Dalam komune, kita tidak memiliki hal ini terjadi dan ini adalah rumor sejumlah orang di jaringan sosial" .
Menurut pemahaman PV Berita Keluarga & Masyarakat, 3 pedesaan Hung Dao komune meliputi: ibu, dan Lac Xuan Realm Pendidikan dengan 3.800 rumah tangga dan lebih lebih dari 12 ribu orang. Selama bertahun-tahun, di komune tidak terjadi hal-hal seperti situs jejaring sosial diposting.
Gambar yang diposting di sebuah situs web di India untuk tanggal 28/05/2017
Menurut sumber lain yang wartawan mempelajari gambar mengerikan pada halaman diposting di profil dari India. Isi informasi ini juga memperingatkan orang-orang tentang seorang pemuda menggunakan ponsel saat pengisian hasil di dibakar hitam, kematian." (Google Translate).
.
https://goo.gl/YFAApW, "Ngày 2 Tháng 8, 2017 | 03:03 PM
Sự thật thông tin người dân Hải Dương sạc điện thoại bị điện giật cháy đen, tử vong
GiadinhNet - “Trên địa bàn xã chúng tôi không có sự việc này xảy ra và đây là tin đồn nhảm của một số người trên mạng xã hội”, ông Đức cho biết.
Mới đây, trên mạng xã hội Facebook lan truyền một số hình ảnh về một vụ tai nạn kinh hoàng khi trong lúc một người dân đang sạc điện thoại và nghịch thì bị điện giật cháy xém, tử vong. Theo người chia sẻ hình ảnh thì sự việc xảy ra tại xã Hưng Đạo, huyện Tứ Kỳ (Hải Dương).
Xác nhận với PV Báo Gia đình & Xã hội vào chiều nay (02/8), ông Nguyễn Xuân Liễu – Trưởng công an xã Hưng Đạo cho biết: “Trong những ngày gần đây và đặc biệt là sáng nay, trên địa bàn xã chúng tôi không có sự việc nào xảy ra như vậy. Đây là tin đồn thất thiệt gây ảnh hưởng đến đời sống của nhân dân địa phương”.
Tin đồn thất thiệt nói về người dân xã Hưng Đạo, huyện Tứ Kỳ (Hải Dương) bị điện giật tử vong khi đang sạc điện thoại. Ảnh: Chụp màn hình Facebook
Cũng theo ông Liễu, trong sáng nay Công an huyện Tứ Kỳ có nắm được thông tin và điện về cho Ban công an xã hỏi. Tuy nhiên, khi công an xã xuống các thôn để tìm hiểu thì không có sự việc trên và được các trưởng thôn xác nhận.
Ông Phạm Văn Đức - Chủ tịch UBND xã Hưng Đạo (huyện Tứ Kỳ) khẳng định với PV: “Trên địa bàn xã chúng tôi không có sự việc này xảy ra và đây là tin đồn nhảm của một số người trên mạng xã hội”.
Theo tìm hiểu của PV Báo Gia đình & Xã hội, xã Hưng Đạo có 3 thôn gồm: Ô Mễ, Xuân Nẻo và Lạc Dục với trên 3.800 hộ dân và hơn 12 nghìn nhân khẩu. Trong nhiều năm qua, trên địa bàn xã không xảy sự việc nào như trang mạng xã hội đăng tải.
Những hình ảnh được đăng tải trên một trang tin ở Ấn Độ vào ngày 28/5/2017
Theo một nguồn tin khác mà phóng viên tìm hiểu thì những hình ảnh kinh hoàng trên được đăng tải trên một trang tin của Ấn Độ. Nội dung thông tin này cũng là cảnh báo mọi người về việc một thanh niên trẻ sử dụng điện thoại khi đang sạc pin dẫn đến hậu quả bị cháy đen, tử vong." (Bahasa asli, Vietnam).
.
(2) "Minggu, Juli 9, 2017
Akan telepon meledak jika Anda menggunakannya saat pengisian? Apa penyebab ledakan ponsel? Menjawab
Telepon ledakan saat pengisian
Foto yang beredar di media sosial menunjukkan seseorang yang konon mendapat dibakar sampai mati dari telepon yang meledak saat sedang diisi dan digunakan. sumber asli tidak diketahui
Hampir setiap tahun, foto dari seseorang yang mendapat hangus atau yang tangannya mendapat dibakar atau dihancurkan oleh "telepon ledakan" menyentuh net dan menyebabkan panik. Cerita (yang biasanya tidak bersumber dari media nyata) biasanya mengikuti foto dan memperingatkan terhadap menggunakan ponsel saat pengisian.
Info seperti biasanya menyebar seperti api liar sebagai keluarga dan teman-teman berbagi segera mereka terima dalam semangat perawatan. Sementara peduli ok, itu juga penting untuk melakukan setidaknya sedikit riset ke infos populer beredar sebelum Anda berbagi.
Jadi saya mulai membuat penelitian dan itu tidak membawa saya hingga 10 menit untuk tempat "Jangan Gunakan Telepon Sementara Pengisian" MITOS . 
Tentu saja jika mereka mengatakan tidak menggunakan telepon saat pengisian itu berarti; tidak ada panggilan, tidak ada permainan, ada menonton video, ada browsing, tidak ada ebooks membaca. Tidak ada. 
Ini berarti kapan saja Anda pasang telepon Anda, itu harus 
dibiarkan sendiri (Aku bahkan tidak bisa membayangkan). 
Yang benar adalah bahwa ponsel tidak meledak di kali, kesempatan langka. Tapi ini hampir tidak pernah karena pengisian ponsel saat menggunakannya. Penyebab terpencil ledakan ponsel belum dikaitkan dengan pengisian tetapi pengisian dengan pengisi daya yang salah.
Bahkan, pesan tidak menggunakan ponsel saat pengisian adalah mitos modern. Menurut artikel Mashable pada 5 mitos tentang baterai ponsel, ditetapkan bahwa tidak ada yang salah dengan menggunakan ponsel selama itu biaya. Juga, setiap telepon baru datang dengan manual. Saya tidak pernah membaca peringatan seperti dalam manual setiap telepon, kan? Mengatakan tidak menggunakan telepon saat pengisian seperti mengatakan tidak menggunakan laptop Anda saat pengisian. 
Kemungkinan penyebab ledakan ponsel adalah: 
1. ponsel Inferior . Membeli ponsel rendah dan murah yang membanjiri pasar dunia ketiga adalah cara yang pasti untuk mengekspos diri Anda untuk bahaya. Perangkat tersebut dibuat dengan bahan standar dan koneksi yang bisa salah dan asam mungkin bocor atau percikan api terjadi.
Namun juga menyedihkan bahwa bahkan merek besar bisa membuat ponsel buruk kadang-kadang. Samsung memiliki rilis bencana Samsung Galaxy note 7 tahun lalu yang meledak di saku orang bahkan saat tidak pengisian. Masalahnya adalah bahwa mereka dibangun dengan baterai yang bertentangan dengan bagian lain dari telepon. 
Pelajaran yang kita pelajari dari Samsung Galaxy Note 7 ledakan adalah: ketika ponsel baru menghantam pasar, memungkinkan 2 minggu atau sebulan untuk lulus dan menonton ulasan sebelum bergegas untuk membeli. 
2. baterai Inferior dan / Charger:
Ini adalah penyebab utama. Jika Anda kehilangan charger asli dari ponsel Anda, mencoba dan mendapatkan asli lain. Sama dengan baterai. Jika Anda membeli rendah, Anda akan mengekspos diri Anda untuk bahaya dihindari. Bahkan pertama yang fatal ponsel ledakan pada catatan adalah karena charger palsu. Anda juga bisa mendapatkan charger yang baik yang tidak dari produsen ponsel Anda. Tapi selalu waspada terhadap murah dan off beat hal. 
3. Sumber daya Bad: Meskipun ini adalah hipotesis; karena peralatan rumah lain dapat mengembangkan kesalahan atau bahkan terbakar ketika sumber daya yang buruk dan gemetar; telepon harus melakukan yang sama juga. 
4. Basah pengisian telepon: Jika ponsel Anda basah; seperti dalam jatuh ke dalam air atau Anda punya kuyup oleh hujan; tidak mengenakan biaya telepon Anda sampai Anda telah kering sepenuhnya. Air dan listrik dapat bereaksi dan memulai sebuah spart atau 'ledakan'
Jadi mengapa kisah ledakan ponsel saat pengisian begitu populer. 
Ada alasan menakutkan di balik mitos ini, Mashable menulis, Orang percaya bahwa menggunakan telepon saat pengisian akan membuat ponsel meledak, atau menyetrum pengguna. Yang benar-benar terjadi pada seorang pramugari Cina bernama Ma Ailun Juli 2013, ketika dia menggunakan iPhone 4 sementara itu pengisian. 
Namun, laporan mengatakan itu karena Ailun menggunakan charger pihak ketiga, bukan charger Apel asli. 
Jika Anda menggunakan charger produsen-disetujui dan baterai, Anda harus baik-baik. 
Jadi itu saja. Setiap kali Anda mendapatkan info populer di media sosial atau blog, penelitian silakan sebelum menyebar. 
Apakah Anda berbagi ini? Saya tidak tahu. 
Sama sama." (Google Translate).
.
https://goo.gl/cX7AtS, "Sunday, 9 July 2017
Will phone explode if you use it while charging? What are the causes of phone explosion? Answer
Phone explosion while charging
Photo in circulation on social media showing a person who purportedly got burnt to death from a phone that exploded while being charged and used. Original source unknown
Almost every year, the photo of someone who got charred or whose hand got burnt or destroyed by a "phone explosion" hits the net and causes panic. Stories (that are usually not sourced from any real media) usually follow the photos and warn against using of mobile phones while charging.
Such info usually spread like wild fire as family and friends share immediately they receive in the spirit of care. While caring is ok, it is also important to do at least a little research into popular infos in circulation before you share.
So I began making research and it didn't take me up to 10 mins to spot the "Don't Use Phone While Charging" MYTH.
Of course if they say don't use phone while charging it means; no calls, no games, no watching videos, no browsing, no reading ebooks. Nothing.
This means anytime you plug your phone, it must
be left alone (I can't even imagine).
The truth is that phones do explode at times, rare occasions. But this is hardly ever because of charging a phone while using it. The remote causes of phone explosion have not been linked to charging but charging with the the wrong charger.
In fact, the message of not using phone while charging is a modern myth. According to Mashable's article on 5 myths about phone batteries, it is established that there is nothing wrong with using your phone while it charges. Also, every new phone comes with a manual. I've never read such warning in any phone's manual, have you? Saying don't use phone while charging is like saying don't use your laptop while charging.
The possible causes for phone explosion are these:
1. Inferior phones. Buying inferior and cheap phones that flood the third world markets is a sure way to expose yourself to danger. Such devices are made with substandard materials and connections could go wrong and acids may leak or sparks occur.
However it is also disheartening that even the big brands can make bad phones sometimes. Samsung had the disastrous release of Samsung Galaxy note 7 last year that exploded in people's pockets even while not charging. Problem was that they built it with a battery that was in conflict with other parts of the phone. 
The lesson we learnt from Samsung Galaxy Note 7 explosion is: when new phones hit the market, allow 2 weeks or a month to pass and watch reviews before rushing to buy.
2. Inferior battery and/Charger:
This is the major cause. If you lose the original charger of your phone, try and get another original. Same with battery. If you buy inferior, your would expose yourself to avoidable danger. In fact the first fatal phone explosion on record was due to fake charger. You can also get a good charger that is not from your phone manufacturer. But always be wary of cheap and off beat stuff.
3. Bad power source: Although this is hypothetical; since other home appliances can develop fault or even burst into flames when the power source is bad and shaky; the phone should do same too.
4. Wet phone charging: If your phone is wet; as in it fell into water or you got drenched by the rain; don't charge your phone till you have dried it completely. Water and electricity can react and start off a spart or 'explosion'.
So why is the story of phone explosion while charging so popular.
There are scary reasons behind this myth, Mashable wrote, People believe that using a phone while charging will make the phone explode, or electrocute the user. That actually happened to a Chinese flight attendant named Ma Ailun in July 2013, when she used her iPhone 4 while it was charging.
However, reports say it's because Ailun was using a third-party charger, not an original Apple charger.
If you're using the manufacturer-approved charger and battery, you should be fine.
So that's it. Any time you get a popular info on social media or blogs, kindly research before spreading.
Will you share this? I don't know.
You are welcome." (Bahasa asli, English).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hoax Pakai Ponsel Saat Mengisi Pulsa Meteran Listrik Bisa Menyebabkan Ledakan (Gore Graphic)"

Post a Comment