Hoax Tes Sederhana Deteksi Asam Urat

(HOAX) : Tes Sederhana Deteksi Asam Urat
(SUMBER) : Media Sosial

Anti Berita Hoax

(FAKTA & PENJELASAN) :
Belakangan ini, Hoax mengenai tema kesehatan sangat gencar beredar di media sosial. Berbagai tips serta informasi yang tidak jelas sumbernya pun banyak ditelan mentah-mentah oleh masyarakat luas.
Baru-baru ini, detikHealth menerima sebaran foto di grup media sosial yang menunjukkan cara mendeteksi penyakit asam urat seseorang. Dengan menekuk setengah jari-jari tangan.
Jika ujung jari bisa menempel, itu menandakan bahwa kadar asam urat seseorang masih terbilang baik. Dikutip dari beberapa sumber, kadar asam urat normal pada perempuan yaitu 2,4–6,0 mg/dL, sedangkan pada pria adalah 3,4–7,0 mg/dL.
Menanggapi foto tersebut, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menegaskan bahwa foto yang menunjukkan tes sederhana itu tidak benar.
"Itu hoax. Sekarang orang kalau mau memastikan ya cek laboratorium," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Kamis (11/1/2018).
Untuk mendeteksi adanya penyakit asam urat, biasanya timbul beberapa gejala spesifik. dr Ari menyebutkan bahwa asam urat itu adalah suatu peradangan di jari-jari sendi kecil, terutama di bagian jempol kaki.
"Biasanya ada benjolan, bengkak, nyeri, merah, pas digerakin sakit," imbuhnya.
Agar terhindar dari penyakit ini, dr Ari menyarankan untuk selalu menjaga asupan makanan sehari-hari. Terutama hindari makanan yang mengandung zat purin tinggi, seperti jeroan dan seafood.
(REFERENSI) :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hoax Tes Sederhana Deteksi Asam Urat"

Post a Comment